Thursday, 3 September 2015

MANAJEMEN PEMASARAN



Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasa program-program pemasaran, penentuan harga, promosi dan distribusi barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan konsumen


Jenis-jenis pasar
  1. Pasar konsumen; Pasar yang membeli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan
  2. Pasar produsen; Perusahaan-perusahaan yang membeli bahan baku untuk diolah kembali menjadi barang jadi atau setengah jadi yang mempunyai nilai tambah untuk dijual ke pasar guna memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan konsumen
  3. Pasar penjual; Yaitu para pedagang yang menjual macam-macam barang dan jasa di pasar untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan konsumen
  4. Pasar pemerintah; Adalah instansi atau lembaga pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk keperluan kantor pemerintah yang bersangkutan
  5. Pasar internasional; Yaitu negara-negara tertentu di dunia yang memberikan peluang pasar bagi negara lain untuk menjual produknya ke negara tertentu tersebut
  6. Pasar global; Adalah pasar dunia tanpa batas dimana perusahaan-perusahaan dari berbagai negara bebas memasarkan produknya ke semua negara di dunia

Struktur pasar

Bentuk
Perusahaan/Penjual
Pembeli/Konsumen
Pesaing
Monopoli
Satu perusahaan
Banyak
Tidak ada
Oligopoli
Beberapa perusahaan
Banyak
Sedikit
Persaingan Sempurna
Banyak perusahaan
Banyak
Banyak/tajam

Perbedaan konsep penjualan dan pemasaran
Konsep
Titik awal
Fokus
Cara
Hasil
Penjualan
Pabrik
Produk
Penjualan
Promosi
Penjualan
Laba dari volume penjualan
Pemasaran
Pasar sasaran (target market)
Kebutuhan
Keinginan
Kepuasan
Marketing mix
Laba dari kepuasan pelanggan


Penggolongan Barang/Produk
Barang konsumsi
Adalah barang-barang yang dibeli oleh konsumen yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Yang temasuk ke dalam barang konsumsi adalah:
  • Convenience goods yaitu barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pokok pada manusia contohnya sembako
  • Shopping goods ialah barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia setelah kebutuhan pokok contohnya pakaian, kendaraan dll.
  • Speciality goods yaitu barang konsumsi yang dibeli oleh konsumen untuk memenuhi kepuasan contoh: perhiasan
  • Unsough goods yaitu barang konsumsi yang dibeli konsumen yang khusus mengetahui tentang manfaat dari produk tersebut contoh; lukisan, patung
Barang industri
Adalah barang bahan baku yang diolah oleh perusahaan atau individu menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang mempunyai nilai tambah bagi konsumen contoh: kapas menjadi benang, kayu menjadi meja
Barang kapital
Adalah barang atau bangunan untuk dipakai atau disewakan atau dijual kembali contoh: rumah, apartemen, gedung

Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga barang dan jasa:
  1. Struktur biaya yang terdiri dari biaya tetap, biaya variabel dan biaya lainnya
  2. Tingkat persaingan dengan melihat banyaknya pesaing yang ada
  3. Kondisi ekonomi
  4. Elastisitas permintaan yang tergantung dari permintaan dan penawaran konsumen terhadap produk tersebut
  5. Daur hidup produk (product life cycle) melihat lama atau pendekny umur suatu produk di pasar

Lingkungan Pemasaran
Lingkungan Pemasaran terdiri dari:
  1. Lingkungan internal, dapat dikendalikan oleh perusahaan. Lingkungan internal terdiri dari: man, money, materials, machines, methods
  2. Lingkungan eksternal, tidak bisa dikendalikan perusahaan. Lingkungan eksternal  terdiri atas:
    • Lingkungan eksternal mikro: konsumen, pesaing, pemasok, lembaga keuangan, kebijakan pemerintah dan pasar
    • Lingkungan eksternal makro: ekonomi, demografi, alam, teknologi, politik, hukum, sosial dan budaya
STP (Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar)
  • Segmentasi pasar yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan yang membagi, memilah atau mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen menjadi pasar yang homogen. Segmentasi pasar dapat dibedakan menurut demografis, geografis, psikografis dan perilaku
  • Target pasar yaitu kelompok konsumen yang dinilai mampu membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan di pasar. Target pasar dapat dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu pasar dibedakan, pasar tidak dibedakan dan pasar terbuka/konsentrasi
  • Posisi pasar adalah kagiatan yang dilakukan perusahaan untuk memposisikan produknya, harganya, tempatnya di pasar dengan menunjukkan keunggulan produknya dibanding pesaing. Posisi pasr terdiri dari posisi produk, posisi harga dan posisi tempat
Tujuan  melakukan segmentasi pasar
  1. Untuk memilih pasar sasaran yang potensial membeli produk yang ditawarkan perusahaan
  2. Untuk menentukan peluang pasar yang menguntunkan untuk dilayani perusahaan
  3. Untuk menyesuaikan kebutuhan dan keinginan segmen pasar yang dipilih
  4. Untuk mwnwntukan strategi marketing mix yang efektif
Syarat melakukan segmentasi pasar
  1. Segmen pasar harus dapat diukur baik itu jumlah masyarakatnya maupun tingkat pendapatannya
  2. Segmen pasar dapat dijangkau
  3. Segmen pasar menguntungkan perusahaan

1 comment:

  1. Casino & Sportsbook | Mahnomen Casino & Race Course
    Welcome 동해 출장마사지 to Mahnomen Casino & Race Course! Here you'll find plenty of action, 화성 출장샵 excitement, and quick 속초 출장샵 payouts, giving you a choice of 평택 출장안마 exciting 화성 출장안마 gaming

    ReplyDelete