Manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pelaksanaan
dan pengawasa program-program pemasaran, penentuan harga, promosi dan
distribusi barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan
konsumen
Jenis-jenis pasar
- Pasar konsumen; Pasar yang membeli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan
- Pasar produsen; Perusahaan-perusahaan yang membeli bahan baku untuk diolah kembali menjadi barang jadi atau setengah jadi yang mempunyai nilai tambah untuk dijual ke pasar guna memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan konsumen
- Pasar penjual; Yaitu para pedagang yang menjual macam-macam barang dan jasa di pasar untuk memenuhi kebutuhan, keinginan dan kepuasan konsumen
- Pasar pemerintah; Adalah instansi atau lembaga pemerintah yang membeli barang dan jasa untuk keperluan kantor pemerintah yang bersangkutan
- Pasar internasional; Yaitu negara-negara tertentu di dunia yang memberikan peluang pasar bagi negara lain untuk menjual produknya ke negara tertentu tersebut
- Pasar global; Adalah pasar dunia tanpa batas dimana perusahaan-perusahaan dari berbagai negara bebas memasarkan produknya ke semua negara di dunia
Struktur pasar
Bentuk
|
Perusahaan/Penjual
|
Pembeli/Konsumen
|
Pesaing
|
Monopoli
|
Satu perusahaan
|
Banyak
|
Tidak ada
|
Oligopoli
|
Beberapa perusahaan
|
Banyak
|
Sedikit
|
Persaingan Sempurna
|
Banyak perusahaan
|
Banyak
|
Banyak/tajam
|
Perbedaan konsep penjualan dan pemasaran
Konsep
|
Titik
awal
|
Fokus
|
Cara
|
Hasil
|
Penjualan
|
Pabrik
|
Produk
|
Penjualan
Promosi
Penjualan
|
Laba dari volume penjualan
|
Pemasaran
|
Pasar sasaran (target market)
|
Kebutuhan
Keinginan
Kepuasan
|
Marketing mix
|
Laba dari kepuasan pelanggan
|
Penggolongan Barang/Produk
Barang konsumsi
Adalah barang-barang yang dibeli oleh
konsumen yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan. Yang
temasuk ke dalam barang konsumsi adalah:
- Convenience goods yaitu barang yang siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pokok pada manusia contohnya sembako
- Shopping goods ialah barang konsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia setelah kebutuhan pokok contohnya pakaian, kendaraan dll.
- Speciality goods yaitu barang konsumsi yang dibeli oleh konsumen untuk memenuhi kepuasan contoh: perhiasan
- Unsough goods yaitu barang konsumsi yang dibeli konsumen yang khusus mengetahui tentang manfaat dari produk tersebut contoh; lukisan, patung
Barang industri
Adalah barang bahan baku yang diolah oleh
perusahaan atau individu menjadi barang setengah jadi atau barang jadi yang
mempunyai nilai tambah bagi konsumen contoh: kapas menjadi benang, kayu menjadi
meja
Barang kapital
Adalah barang atau bangunan untuk dipakai
atau disewakan atau dijual kembali contoh: rumah, apartemen, gedung
Faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga barang dan jasa:
- Struktur biaya yang terdiri dari biaya tetap, biaya variabel dan biaya lainnya
- Tingkat persaingan dengan melihat banyaknya pesaing yang ada
- Kondisi ekonomi
- Elastisitas permintaan yang tergantung dari permintaan dan penawaran konsumen terhadap produk tersebut
- Daur hidup produk (product life cycle) melihat lama atau pendekny umur suatu produk di pasar
Lingkungan Pemasaran
Lingkungan Pemasaran terdiri dari:
- Lingkungan internal, dapat dikendalikan oleh perusahaan. Lingkungan internal terdiri dari: man, money, materials, machines, methods
- Lingkungan eksternal, tidak bisa dikendalikan perusahaan. Lingkungan eksternal terdiri atas:
- Lingkungan eksternal mikro: konsumen, pesaing, pemasok, lembaga keuangan, kebijakan pemerintah dan pasar
- Lingkungan eksternal makro: ekonomi, demografi, alam, teknologi, politik, hukum, sosial dan budaya
STP (Segmentasi Pasar, Target Pasar, Posisi Pasar)
- Segmentasi pasar yaitu kegiatan yang dilakukan perusahaan yang membagi, memilah atau mengelompokkan pasar yang bersifat heterogen menjadi pasar yang homogen. Segmentasi pasar dapat dibedakan menurut demografis, geografis, psikografis dan perilaku
- Target pasar yaitu kelompok konsumen yang dinilai mampu membeli produk yang ditawarkan oleh suatu perusahaan di pasar. Target pasar dapat dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu pasar dibedakan, pasar tidak dibedakan dan pasar terbuka/konsentrasi
- Posisi pasar adalah kagiatan yang dilakukan perusahaan untuk memposisikan produknya, harganya, tempatnya di pasar dengan menunjukkan keunggulan produknya dibanding pesaing. Posisi pasr terdiri dari posisi produk, posisi harga dan posisi tempat
Tujuan melakukan
segmentasi pasar
- Untuk memilih pasar sasaran yang potensial membeli produk yang ditawarkan perusahaan
- Untuk menentukan peluang pasar yang menguntunkan untuk dilayani perusahaan
- Untuk menyesuaikan kebutuhan dan keinginan segmen pasar yang dipilih
- Untuk mwnwntukan strategi marketing mix yang efektif
Syarat melakukan segmentasi pasar
- Segmen pasar harus dapat diukur baik itu jumlah masyarakatnya maupun tingkat pendapatannya
- Segmen pasar dapat dijangkau
- Segmen pasar menguntungkan perusahaan
Casino & Sportsbook | Mahnomen Casino & Race Course
ReplyDeleteWelcome 동해 출장마사지 to Mahnomen Casino & Race Course! Here you'll find plenty of action, 화성 출장샵 excitement, and quick 속초 출장샵 payouts, giving you a choice of 평택 출장안마 exciting 화성 출장안마 gaming